Pages

20 Februari 2018

Jatuh Bangun Ingin Kuliah (Part 1)



Haii, aku mau share pengalaman aku terkait jatuh-bangunnya aku dalam perjuangan ingin melanjutkan ke jenjang S1. Apa yang aku alami waktu itu emang bener-bener di luar dari ekspetasi aku dan jauh banget dari bayangan..

🙋

Waktu itu sekitar awal tahun 2016, memang tahun penentu karena itu masa-masanya riweuh mau ujian dan masuk kuliah. Aku dari SMP pengen banget kuliah psikologi dan jadi seorang psikolog tapi seiring berjalannya waktu dan saat aku udah di akhir-akhir SMA aku mulai sedikit bergeser haluan ke yang lain dan aku mulai tertarik belajar bahasa dan berniat ingin kuliah jurusan bahasa (waktu itu aku bermimpi jadi seorang guide) dan aku pengen banget kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ada di Yogyakarta. Mama aku sangat mendukung aku untuk ngelanjutin study disana karena emang Jogja tuh kota yang bener-bener nyaman untuk belajar, biaya kehidupan pun tergolong murah, dan waktu itu kebetulan baru aja diresmikan pembangunan asrama putri Banjarmasin di Jogja yang diresmikan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan mama aku juga ikut dalam proyek pembangunan asrama yang konon katanya deket dengan UGM tinggal jalan kaki doang. Saking ngedukungnya pada tahun 2015 kedua orang tua aku ngajakin aku keliling di Jogja sambil liat-liat wilayah komplek kampus UGM dan mengenalkan 'ini loh Jogja'. Nah saat tahun 2016  udah semester terakhir menjelang ujian, ada pengumuman mengenai sudah dibuka pendaftaran SNMPTN.

Oiya flashback dikit yahh..

Aku dari SMP udah bercita-cita ingin kuliah melalui jalur undangan alias SNMPTN, dan dari awal masuk SMA aku udah programin diri aku untuk bisa masuk kuliah yang aku pengen dengan jalur undangan. Makanya aku udah berusaha agar bisa mendapatkan undangan itu dengan cara mempercantik rapor. Aku tau syarat SNMPTN penilaiannya dominan di nilai rapor jadi yahh aku harus ngelakuin hal itu. Lumayan sih 6 semester di SMA nilai rapor aku, sayang aku ga punya sertifikat apa-apa untuk menambah nilai plus saat mengajukan SNMPTN.

Lanjut... (Flashbacknya udahan yahh hehehe :p )

Dan aku pun mengajukan SNMPTN dengan memasukkan nilai rapor dan data diri, dan aku mantap untuk memilih 3 jurusan dengan 2 universitas tanpa restu dari Bapak, karena emang Bapak aku bener-bener ga setuju dengan pilihan aku karena dia masih berharap aku mau jadi orang kesehatan ntah perawat atau apa aja, kalo mama sih oke oke aja terserah sama aku. Jadi, bismillah aku waktu itu memutuskan untuk memilih Bahasa Korea UGM dipilihan 1, Ilmu Sosiatri UGM dipilihan 2, dan Psikologi UNLAM dipilihan ketiga. Aku memilih kedua jurusan di UGM itu atas dasar pemikiran 'ini jurusan yang orang-orang kayaknya ga banyak yang berminat deh' jadi aku selama waktu nunggu pengumuman hasil SNMPTN aku agak lebih PD aja gituu karena merasa kemungkinan lulus aku besar. Setelah UN, ga lama juga pengumuman SNMPTN, aku santai aja karena berpikir strategi aku benar tapi ternyataaa... Aku gagal--aku ga lulus di SNMPTN. Dunia aku seolah-olah hancur berkeping-keping, sakit tapi ga berdarahhh :") mau nangis sekencang-kencangnya tapi ga bisa, kegagalan di SNMPTN sempet bikin aku down dan stres dan malas buat ngapain aja. Lumayan lama waktu itu aku kehilangan rasa, aku sampai menutup diri dari teman-teman sekolah dan juga social media.

🙅

Alhamdulillah aku masih punya orang tua yang ngedukung aku 1000000% mereka tau aku bener-bener sedih dan kacau waktu itu, dan mama adalah orang yang paling ngedukung aku buat bangkit dan bikin aku tertarik untuk ikut SBMPTN, saat pengumuman SNMPTN aku kasih tau ke mama, respon mama langsung suruh aku buat daftar SBMPTN berapa aja bayar pendaftarannya pokoknya aku cuman disuruh fokus belajar berharap waktu 1 bulan aku bisa belajar SBMPTN. Dan mama pun langsung membelikan aku buku soal-soal SBMPTN dan mencari pinjaman buku-buku soal psikotes ke paman-paman aku yang emang mereka juga belajar itu untuk masuk ke IPDN, Polisi, dan Tentara. Oiya kebetulan pilihan aku di SBMPTN jauh berbeda dengan pilihan waktu di SNMPTN. Di SBMPTN mama aku yang semuanya memilihkan dan aku cuman meng-iya-kan ajaa karena udah pasrah dan berharap ridha orang tua adalah yang terbaik. Waktu itu Perpajakan UB dipilihan 1, Hubungan Internasional UNAIR dipilihan 2 dan Ilmu Komunikasi UNLAM dipilihan ketiga. Cuman pilihan ketiga aku yang bener-bener pengen sendiri. Yaudah aku jalanin SBMPTN dengan modal belajar seadanya sekitar 1 bulan. Oiyaa saat setelah pengumuman SNMPTN dan pendaftaran SBMPTN aku sama sekali ga komunikasi sama teman-teman atau sahabat-sahabat. HP waktu itu aku bener-bener matikan selama hampir 1 bulan yahh pokoknya aku hibernasi atau juga bisa disebut bertapa di goa mencari kitab suci hahaha. Saking bener-bener gaada kabar, temen-temen aku sempet ada yang ngira aku udah meninggal -_- parah woiiii.

🏊

Dan sumpah yahh, soal SBMPTN itu susahhhh pake buangetttt :( lebih berkali-kali-kali lipat susahnya dibanding soal UN atau UAS apalagi UTS hedehh pokoknya aku sampe mau nangis setelah keluar dari ruangan saking gondoknya liat dan jawab soal jenis begituan. Dannn yahhh aku udah bisa menduga hasil SBMPTN aku apa? Udah pasti gagallll!!! Tapi kali ini aku pasrah aja ga stres ga sedih ga hepi.


Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar